AKIBAT STATUS KONYOL DI SOSIAL MEDIA


Mungkin ini menyenangkan. Tapi apakah Anda pernah mempertimbangkan apa yang akan terjadi jika Anda iseng membuat lelucon dan mempublikasikan kata-kata aneh di Facebook atau Twitter? Saya tidak akan merekomendasikan hal ini. Pada bulan Januari 2012, seorang pria Inggris bernama Leigh Van Bryan merencanakan perjalanan ke Amerika Serikat dan menulis di akun Twitter-nya,

"Free this week for a quick gossip before I go and destroy America".

Leigh juga nge-retweet, acara televisi Family Guy tentang "menggali tubuh Marilyn Monroe".

Perlu disebutkan bahwa "destroy" adalah istilah slang di Inggris yang berarti "pesta". Begitu kalimat itu masuk di Twitter, sebagaimana makna umum destroy adalah "hancurkan", maka pihak keamanan perangkat lunak mengambil alih dan Leigh Van Bryan diincar oleh US Department of Homeland Security.

Ketika Lea (Leigh Van Bryan) mencoba untuk memasuki Amerika Serikat dengan temannya Emily Banting, keduanya ditanyai oleh FBI mengenai kicauan di twetter-nya. FBI menggeledah tas pasangan itu untuk mencari senjata dan sekop. Keduanya ditahan karena dicurigai merencanakan akan "melakukan kejahatan". Paspor mereka disita , mereka ditangkap, ditahan semalaman, dan ditendang keluar dari AS. Selama itu, Leigh Van Bryan ditempatkan di sel penjara dengan dua laki-laki besar. Saat makan malam, Leigh dibiarkan tanpa makanan.

Emily Banting mengutip: "Para pejabat mengatakan kepada kami bahwa kami tidak diperbolehkan masuk AS. karena tweet Leigh. Mereka ingin tahu apa yang akan kami lakukan"

Leigh berkata: "Aku terus mengatakan bahwa mereka telah mendapat makna yang salah dari tweet saya, tapi mereka hanya bilang "Anda benar-benar kacau nak". Di masa datang, jika Leigh atau Emily ingin melakukan perjalanan ke Amerika Serikat, mereka harus mengajukan permohonan kembali untuk visa di Kedutaan Besar AS di London.

Pesan moral dari cerita ini, pikirkan kembali untuk posting kutipan konyol di Twitter, walaupun niat Anda hanya bercanda. Ada seseorang yang selalu mengawasi, dan seseorang tersebut tidak memiliki rasa humor sama sekali. [toptenz]