Tips dan Trik SEO Paling Efektif


Search engine optimization (SEO) adalah sebuah cara yang efektif dan efisien untuk meningkatkan website Anda di halaman pertama mesin pencari. Mengapa halaman pertama hasil pencarian merupakan tempat yang ideal? Kita ketahui bahwa saat melakukan pencarian, kebanyakan orang akan meng-klik beberapa link yang mereka lihat pada halaman pertama dari hasil pencarian, dan jarang meng-klik pada halaman yang lain.


Posisi 3 teratas di halaman pertama hasil pencarian akan mendapatkan lebih banyak lalu lintas dibanding semua posisi lainnya. Jadi, untuk berada pada posisi 3 teratas pada halaman pertama adalah tujuan utama para pemilik web. Demikian juga Anda, jika ingin website Anda berada pada posisi 3 teratas ini, maka Anda perlu mengikuti tips dan trik SEO yang efektif ini.

Pilih Kata Kunci yang Tepat

Kata kunci adalah tulang punggung SEO. Semuanya dimulai dengan kata kunci. Oleh karenanya menjadi sangat penting untuk melakukan riset (penelitian) kata kunci yang banyak orang gunakan dan jangan berasumsi. Dengan memilih kata kunci yang salah, Anda mungkin akan menghadapi banyak persaingan terhadap situs-situs yang sudah mapan. Anda akan menemukan kesulitan untuk menempati peringkat di halaman pertama, terutama jika website Anda masih termasuk baru. Anda bisa mulai melakukan analysis keyword menggunakan alat Google AdWord.

Tanpa melakukan riset (penelitian) dengan benar, Anda mungkin akan terperosok pada kata kunci yang minim lalu lintas. Mendapatkan posisi 3 teratas di halaman pertama namun dengan kata kunci yang hanya dilalui oleh 10 pencarian per bulan tidak akan banyak membantu. Anda boleh jadi akan mengatakan bahwa Anda berada di halaman pertama, tapi itu tidak akan membantu Anda dalam bisnis apapun.

Berikut adalah beberapa tips dan trik SEO tentang kata kunci yang harus Anda ingat.

Jangan menebak apa yang orang pikirkan saat melakukan pencarian di mesin pencari. Gunakan alat penelitian kata kunci untuk mencari tahu secara persis apa yang mereka gunakan sebagai frase pencarian mereka.

Gunakan kata kunci 'ekor panjang' (kata kunci yang dibangun dari kata kunci asli yang terfokus dan terarah). Contohnya jika Anda menjual Makanan Ringan, kata kunci ekor panjangnya bisa jadi 'Serba Serbi Makanan Ringan', atau 'Makanan Ringan Unik', dan lain lain, Anda bisa menambahkan sendiri.

Meneliti pesaing Anda secara menyeluruh pada setiap kata kunci yang ingin naikkan peringkatnya. Keberhasilan Anda akan datang lebih mudah dan cepat jika Anda menargetkan kata kunci dengan persaingan rendah ketika pertama kali memulai.

Menyediakan Konten yang Relevan

Tips dan trik SEO mengenai konten hanya meliputi kualitas tinggi, asli, dan artikel yang informatif. Konten Anda juga harus langsung berhubungan dengan tema website Anda. Anda harus menyajikan informasi yang benar-benar mereka butuhkan, dan buatlah mereka ingin selalu menghabiskan waktu di situs Anda. Jika satu-satunya tujuan artikel Anda adalah untuk menjual produk, mungkin orang akan berlalu begitu saja tanpa memberikan ide-ide lain. namun jika Anda dapat memberikan konten yang bermakna, maka pembaca akan menganggap Anda sebagai ahli dalam bidangnya, dan akan cenderung untuk berlama-lama di situs Anda.

Hal yang perlu diingat pula bahwa Anda tidak menulis artikel hanya sebagai penjual. Artikel Anda harus informatif dan berkualitas tinggi. Jika Anda fokus hanya pada penjualan, maka kemungkinan besar orang akan cepat berpaling. Produk atau jasa Anda sebaiknya ditempatkan pada bagian lain, misalnya di bagian menu halaman tersendiri atau di bagian akhir artikel. Pada bagian ini Anda dapat memberikan informasi lebih rinci tentang diri Anda dan produk yang Anda jual yang berkaitan dengan isi artikel.

Oldest